make your world with your inspiration, develop to be useful for others and yourself...

background

Selasa, 09 November 2010

Proses Pengambilan Keputusan Dalam Organisasi

          Pada sebuah organisasi, seseorang pasti akan menghadapi saat dia harus memilih sebuah keputusan. Pengambilan keputusan ini sendiri adalah sebuah proses yang kompleks dimana memerlukan penanganan yang serius. Berikut adalah beberapa proses cara pengambilan keputusan yang bertahap secara umum :
  1. Mengetahui apa Tujuan dan Sasaran : Tujuan dan sasaran keputusan harus ditetapkan terlebih dahulu. Bagaimana hasil yang harus dicapai dan apa ukuran pencapaian hasil tersebut.
  2. Identifikasi Masalah : Masalah yang di hadapi dalam pengambilan keputusan harus diidentifikasikan dan diberi batasan agar jelas. Mengidentifikasikan dan memberi batasan masalah ini harus tepat pada inti persoalannya, sehingga memerlukan upaya penggalian.
  3. Mengembangkan Alternatif : Menerima berbagai alternatif yang memungkinkan untuk mengambil keputusan yang ada. Selama alternatif itu ada hubungannya, walaupun sedikit harus ditampung. Dalam tahap ini belum ada komentar dan analisis.
  4. Menentukan Alternatif : Mengadakan analisis tehadap berbagai alternatif yang sudah dikemukakan atau ditampung dan menyusun kriteria tentang alternatif yang sesuai dengan tujuan dan sasaran pengambilan keputusan. Hasil ini masih merupakan beberapa alternatif yang dipandang layak untuk dilaksanakan.
  5. Memilih Alternatif : Beberapa alternatif yang layak tersebut harus dipilih satu alternatif yang terbaik. pemilihan alternatif harus harus mempertimbangkan ketersediaan sumberdaya, keefektifan alternatif dalam memecahkan persoalan, kemampuan alternatif untuk mencapai tujuan dan sasaran, dan daya saing alternatif pada masa yang akan datang.
  6. Menerapkan Keputusan : Keputusan yang baik harus dilaksanakan. Keputusan itu sendiri merupakan abstraksi, sedangkan baik tidaknya baru dapat dilihat dari pelaksanaannya.
  7. Pengendalian dan evaluasi : Pelaksanaan keputusan perlu pengendalian dan evaluasi untuk menjaga agar pelaksanaan keputusan tersebut sesuai dengan yang sudah diputuskan.
     Jadi, dalam sebuah organisasi. Saat kita menghadapi bagaimana cara mengambil keputusan, maka tidaklah mudah. Karena keputusan itu sendiri bisa menjadi yang terbaik atau yang terburuk bagi diri sendiri dan organisasi. Ambilah sebuah keputusan dengan tenang dan pemikiran yang matang.