make your world with your inspiration, develop to be useful for others and yourself...

background

Selasa, 12 Oktober 2010

What is Organization ??







    Dalam pengertian umum, Organisasi adalah "Organization is the form of every human, association for the assignment of common purpose" atau organisasi adalah setiap bentuk kerjasama yang mempunyai struktur pembagian kerja dan struktur tata hubungan kerja antara sekelompok orang pemegang posisi yang bekerjasama secara tertentu untuk bersama-sama mencapai tujuan.


    Pada Organisasi, terdapat Perilaku organisasi. Perilaku Organisasi adalah suatu disiplin ilmu yang mempelajari bagaimana seharusnya perilaku tingkat individu, tingkat kelompok, serta dampaknya terhadap kinerja (baik kinerja individual, kelompok, maupun organisasi) juga dikenal sebagai Studi tentang organisasi.

   Studi Organisasi adalah sebuah bidang telah akademik khusus yang mempelajari organisasi, dengan memanfaatkan metode-metode dari ekonomi, sosiologi, ilmu politik, antropologi dan psikologi. Disiplin-disiplin lain yang terkait dengan studi ini adalah studi tentang sumber daya manusia ( SDM ) dan psikologi industri serta perilaku organisasi.









Ciri-ciri Organisasi :
  1. Terdapat komponen ( atasan dan bawahan )
  2. Adanya kerjasama ( semua anggota dalam organisasi pasti terlibat dalam kerjasama anggota tersebut )
  3. Mempunyai tujuan organisasi
  4. Memiliki sasaran atau target
  5. Terlibat keterikatan format dan tata tertib yang harus ditaati
  6. Terdapat pendelekasian wewenang dan koordinasi tugas-tugas

Unsur-unsur Organisasi :

  • Manusia (Human)
Manusia dalam suatu organisasi yang menurut tingkat dan fungsinya terdiri dari administrator sebagai unsur pimpinan tertinggi dalam organisasi, dalam hal ini manajer menjadi pemimpin tiap-tiap divisi dalam suatu unit kerja yang dibagikan sesuai fungsi dan tugasnya.
  • Kerjasama (Teamwork)
Yang dimaksud kerjasama pada organisasi adalah suatu kegiatan saling bantu membantu antar setiap anggota organisasi yang dilakukan untuk mencapai tujuan bersama. Oleh karena itu, suatu organisasi dibagi menjadi beberapa bagian sesuai dengan fungsi dan tugasnya masing-masing.

  • Tujuan Bersama
Adalah suatu arah atau sasaran akhir (target) dari setiap usaha yang telah dilakukan oleh suatu
organisasi. Setiap anggota organisasi harus mempunyai tujuan yang sama dengan anggota lainnya agar terwujudnya tujuan bersama.

  • Peralatan (Equipment) 
Peralatan adalah segala sesuatu yang digunakan dan dibutuhkan dalam terbentuknya suatu organisasi.
  • Lingkungan Kekayaan alam 
Faktor lingkungan misalnya keadaan sosial, budaya, ekonomi, dan teknologi termasuk dalam unsur lingkungan, antara lain :

a.   Kondisi atau situasi yang secara langsung maupun secara tidak langsung berpengaruh terhadap daya gerak kehidupan organisasi, karena kondisi atau situasi akan selalu mengalami perubahan.

b.  Tempat atau lokasi, sangat erat hubungannya dengan masalah komunikasi dan transportasi yang harus dilakukan oleh organisasi.

c.  Wilayah operasi yang dijadikan sasaran kegiatan organisasi. Wilayah operasi dibedakan menjadi :
          a).  Wilayah kegiatan, yang menyangkut jenis kegiatan atau macam kegiatan apa saja yang boleh dilakukan sesuai dengan tujuan organisasi.
          b).  Wilayah jangkauan, atau wilayah geografis atau wilayah teritorial, menyangkut wilayah atau daerah operasi organisasi.
          c).  Wilayah personil, menyangkut semua pihak (orang-orang, badan-badan) yang mempunyai hubungan dan kepentingan dengan organisasi.
          d).  Wilayah kewenangan atau kekuasaan, menyangkut semua urusan, persoalan, kewajiban, tugas, tanggung jawab dan kebijaksanaan yang harus dilakukan dalam batas-batas tertentu yang tidak boleh dilampaui sesuai dengan aturan main yang telah ditetapkan dan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  • Kerangka/Konstruksi Mental Organisasi




    Organisasi mempunyai kerangka-kerangka organisasi yang dibentuk agar pelaksanaan organisasi berjalan dengan baik dan tertib sesuai peraturan yang di berlakukan.



    Partisipasi
    Dalam sebuah organisasi, kita pasti memerlukan adanya Partisipasi guna mengembangkan, memperluas dan mempererat tali persaudaraan dalam organisasi untuk mencapai tujuan yang di inginkan. Partisipasi itu sendiri mempunyai syarat tertentu agar dapat berjalan dengan efektif, syarat-syarat tersebut adalah :

    • Waktu. Untuk dapat berpatisipasi diperlukan waktu. Waktu yang dimaksudkan disini adalah untuk memahamai pesan yang disampaikan oleh pemimpin. Pesan tersebut mengandung informasi mengenai apa dan bagaimana serta mengapa diperlukan peran serta.
    • Bilamana dalam kegiatan partisipasi ini diperlukan dana perangsang, hendaknya dibatasi seperlunya agar tidak menimbulkan kesan “memanjakan”, yang akan menimbulkan efek negatif.
    • Subyek partisipasi hendaknya relevan atau berkaitan dengan organisasi dimana individu yang bersangkutan itu tergabung atau sesuatau yang menjadi perhatiannnya.
    • Partisipasi harus memiliki kemampuan untuk berpartisipasi, dalam arti kata yang bersangkutan memiliki luas lingkup pemikiran dan pengalaman yang sama dengan komunikator, dan kalupun belum ada, maka unsur-unsur itu ditumbuhkan oleh komunikator.
    • Partisipasi harus memiliki kemampuan untuk melakukan komunikasi timbal balik, misalnya menggunakan bahasa yang sama atau yang sama-sama dipahami, sehingga tercipta pertukaran pikiran yang efektif atau berhasil.
    • Para pihak yang bersangkutan bebas di dlam melaksanakan peran serta tersebut sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan.
    • Bila partisipasi diadakan untuk menentukan suatu kegiatan hendaknya didasarkan kepada kebebasan dalam kelompok, artinya tidak dilakukan pemaksaan atau penekanan yang dapat menimbulkan ketegangan atau gangguan dalam pikiran atau jiwa pihak-pihak yang bersangkutan. Hal ini didasarkan kepada prisnsip bahwa partisipasi adalah bersifat persuasif.
    • Partisipasi dalam organisasi menekankan pada pembagian wewenang atau tugas-tugas dalam melaksanakan kegiatannya dengan maksud meningkatkan efektif tugas yang diberikan secara terstruktur dan lebih jelas.
    sedikit pelajaran dari saya ini, bila ada kekurangan atau ingin memberikan masukan tentang organisasi, saya sangat berterima kasih dan menerima dengan senang hati saran dari para pembaca sekalian. Terima kasih.